6+ Rekomendasi Gerakan Latihan Otot Perut Terbaik

Seiring dengan bertambahnya usia, adalah hal yang umum untuk melihat peningkatan lemak perut yang terkumpul di sepanjang garis pinggang. Hal ini biasanya karena massa otot berkurang seiring bertambahnya usia karena lemak meningkat. Lemak perut dapat membuat Anda merasa sadar diri atau dapat menyebabkan kesulitan untuk masuk ke dalam celana favorit Anda.

Namun, ada juga beberapa risiko kesehatan yang terkait dengan kelebihan lemak perut, termasuk:

Tekanan darah tinggi
Kolesterol tinggi
Diabetes tipe 2
Masalah pernapasan
Penyakit jantung
Karena risiko-risiko ini, adalah ide yang baik untuk mencoba mengontrol lemak perut Anda. Ada tiga jenis lemak perut: subkutan, intramuskular, dan visceral. Lemak visceral adalah jenis yang berada di antara organ-organ tubuh Anda dan dikenal sebagai lemak perut. Bahkan jika Anda memiliki berat badan dan indeks massa tubuh (BMI) yang normal, terlalu banyak lemak perut visceral masih dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Latihan untuk Membantu Lemak Perut
Ada banyak latihan di luar sana, tetapi tidak semua diciptakan sama dalam hal membuang lemak perut. Namun, para ilmuwan dan dokter sama-sama setuju bahwa memasukkan aktivitas fisik ke dalam rutinitas harian Anda adalah cara yang bagus untuk membakar lemak perut yang tidak diinginkan. Berikut adalah beberapa latihan untuk lemak perut yang dapat Anda coba untuk membantu Anda merampingkan lingkar pinggang Anda.

Latihan Aerobik atau Kardio

Langkah pertama Anda dalam membakar lemak visceral adalah memasukkan setidaknya 30 menit latihan aerobik atau kardio ke dalam rutinitas harian Anda. Studi menunjukkan bahwa latihan aerobik untuk lemak perut membantu mengurangi lemak perut dan lemak hati.

Beberapa latihan kardio aerobik yang bagus untuk lemak perut meliputi:

Berjalan, terutama dengan kecepatan cepat
Berlari
Bersepeda
Mendayung
Berenang
Bersepeda
Kelas kebugaran kelompok
Saat memilih aktivitas kardio, pastikan itu adalah sesuatu yang Anda sukai. Dengan cara ini, Anda akan lebih termotivasi dan akan menantikan rutinitas olahraga Anda.

HIIT atau Latihan Interval

Latihan interval intensitas tinggi (HIIT) dan latihan interval adalah rutinitas latihan yang menggabungkan latihan intens dalam waktu singkat yang dicampur dengan gerakan intensitas rendah dan periode istirahat. Penelitian menunjukkan bahwa latihan HIIT untuk lemak perut membantu mengontrol berat badan dan meningkatkan kondisi fisik Anda secara keseluruhan.

Rutinitas ini tidak terlalu memakan waktu tetapi tetap membuat jantung Anda terpompa dan melatih seluruh tubuh Anda. Setiap rutinitas memiliki pilihan aktivitas yang mencakup gerakan-gerakan berikut:

Mendorong
Menarik
Jongkok
Mengangkat beban
Membawa beban

Biasanya, rutinitas HIIT memasangkan 30 detik aktivitas intens dengan 30 detik istirahat tepat setelahnya sebelum melanjutkan ke aktivitas berikutnya. Urutan ini dapat diulang beberapa kali untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Beberapa latihan HIIT yang dapat dicoba oleh orang-orang dari semua tingkat kebugaran dan usia adalah:

Jumping jacks
Burpees
Push-up
Lompat jongkok
Lutut tinggi
Untuk memulai, pilih beberapa latihan HIIT untuk lemak perut. Lakukan satu aktivitas selama 30 detik, lalu istirahat selama 30 detik. Lakukan aktivitas berikutnya, lalu istirahat. Ketika Anda menyelesaikan semua aktivitas, Anda dapat mengulangi siklus ini beberapa kali lagi.

Latihan Perut

Karena lemak perut menempel pada daerah pinggang dan perut, melakukan beberapa latihan perut dapat membantu mengatasinya. Latihan ini dapat membantu mengencangkan dan meratakan perut sambil memberi Anda sumber latihan yang baik.

Latihan-latihan ini sangat bagus untuk pria dan wanita dari segala usia. Beberapa latihan perut untuk lemak perut yang dapat Anda coba di rumah meliputi:

Papan 60 detik
Sit-up sepeda
Sit-up perut
Mengangkat kaki
Latihan Beban dan Perlawanan

Latihan beban juga merupakan komponen penting untuk membakar lemak perut. Karena otot membakar lebih banyak kalori daripada lemak saat tubuh beristirahat, memiliki lebih banyak otot dapat membantu Anda membakar lebih banyak lemak. Para peneliti juga menemukan bahwa latihan ketahanan, yang mencakup latihan beban, dapat meningkatkan berat badan tanpa lemak sekaligus mengurangi lemak, dan dapat meningkatkan metabolisme pada saat yang bersamaan.

Beberapa latihan beban untuk lemak perut untuk dimasukkan ke dalam rutinitas Anda adalah:

Ikal bisep
Lunges
Squat
Tendangan tricep
Dengan latihan-latihan ini, Anda dapat melakukan 12 repetisi dengan beban yang lebih ringan, antara lima dan delapan pound. Pilihan lainnya adalah menggunakan beban yang lebih berat dengan repetisi dan waktu istirahat yang lebih sedikit di antara set.

Pertimbangan Keamanan
Meskipun penting untuk melakukan olahraga ringan setidaknya 30 menit sehari, Anda tidak ingin terlalu memaksakan diri Anda terlalu keras. Kadang-kadang ketika Anda terlalu banyak berlatih, tubuh Anda dapat menghasilkan terlalu banyak kortisol. Ini adalah hormon stres yang terkait dengan lemak perut, jadi latihan berlebihan sebenarnya dapat membuat lebih sulit untuk membakar lemak perut. Ingatlah rekomendasi untuk berolahraga teratur secara moderat, dan bicarakan dengan dokter Anda jika Anda memiliki pertanyaan tentang bagaimana lagi rutinitas olahraga Anda dapat bermanfaat bagi lingkar pinggang Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *